Demam Mendadak di Malam Hari: Apa Penyebabnya? Temukan Jawabannya Di Sini

Berita Trending Harian – Demam adalah kondisi di mana suhu tubuh seseorang naik di atas nilai normalnya, yang biasanya adalah sekitar 37 derajat Celsius. Ketika seseorang mengalami demam secara mendadak, terutama pada malam hari, hal tersebut dapat menjadi tanda dari berbagai kondisi kesehatan yang perlu diwaspadai. Mari kita telusuri beberapa penyebab umum dari demam mendadak di malam hari.


Berita Terupdate

Infeksi

Salah satu penyebab paling umum dari demam mendadak adalah infeksi, baik itu virus atau bakteri. Infeksi seperti flu, pilek, infeksi saluran pernapasan, infeksi saluran kemih, dan infeksi tenggorokan dapat menyebabkan demam yang muncul secara tiba-tiba, terutama pada malam hari. Demam adalah cara tubuh untuk melawan infeksi dan meningkatkan aktivitas sistem kekebalan tubuh.

Malaria

Malaria adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Anopheles. Salah satu gejala utama malaria adalah demam intermiten, yang sering kali meningkat pada malam hari. Demam malaria bisa sangat tinggi dan diikuti dengan menggigil.

Tuberkulosis

Tuberkulosis (TBC) adalah infeksi bakteri yang menyerang paru-paru, tetapi juga dapat memengaruhi bagian tubuh lainnya. Demam pada malam hari adalah salah satu gejala yang umum terjadi pada penderita TBC. Demam ini sering disertai dengan keringat berlebihan saat tidur.

Sepsis

Sepsis adalah respons tubuh terhadap infeksi yang parah. Sepsis bisa menjadi kondisi yang mengancam jiwa jika tidak segera diobati. Demam yang muncul secara tiba-tiba, terutama pada malam hari, bisa menjadi tanda dari sepsis.

Penyakit Autoimun

Beberapa penyakit autoimun, seperti lupus atau arthritis reumatoid, dapat menyebabkan demam mendadak di malam hari sebagai bagian dari respons sistem kekebalan tubuh yang berlebihan terhadap jaringan tubuh sendiri.

Kanker

Beberapa jenis kanker, seperti limfoma atau leukemia, dapat menyebabkan demam yang muncul secara tiba-tiba, 
terutama pada malam hari. Demam kanker seringkali disertai dengan gejala lain seperti kelelahan, penurunan berat badan, dan pembengkakan kelenjar getah bening.

Efek Samping Obat

Beberapa obat-obatan, seperti antibiotik atau antikonvulsan, dapat menyebabkan demam sebagai efek sampingnya. Demam yang disebabkan oleh obat-obatan biasanya muncul setelah seseorang mulai mengonsumsi obat tersebut.

Gagal Jantung

Pada beberapa kasus, demam yang muncul secara mendadak di malam hari dapat menjadi tanda dari gagal jantung. Gagal jantung menyebabkan penumpukan cairan di paru-paru, yang dapat menyebabkan demam dan sesak napas terutama saat berbaring.

Penyakit Menular Seksual (PMS)

Penyakit menular seksual seperti sifilis atau HIV/AIDS juga dapat menyebabkan demam yang muncul secara mendadak pada malam hari sebagai salah satu gejalanya.

Kesimpulan

Demam mendadak yang muncul pada malam hari bisa menjadi tanda dari berbagai kondisi kesehatan yang serius dan membutuhkan perhatian medis yang segera. Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal mengalami demam mendadak di malam hari, penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter untuk diagnosis dan perawatan yang tepat. Jangan abaikan gejala ini, karena penanganan dini dapat membantu mencegah perkembangan penyakit yang lebih parah.